SosiaLiTa: E-Marketplace Inovasi UKPBJ Kab Tanah Laut

Teknologi Informasi telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan kondisi zaman yang semakin maju, ingin makan pun sangat mudah hanya perlu pesan melalui ponsel pintar dan makanan sudah tersedia ke meja kita seolah dunia dalam genggaman. Eiitss tunggu dulu, makanan ini bukan datang karena di bawa oleh angin maupun jin ya, namun dengan kecanggihan teknologi yang semakin maju semua akses di dalam kehidupan kita menjadi mudah. Tidak terkecuali di dalam pemerintahan secara umum dan Pengadaan Barang/jasa secara khusus.

Bagian Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah Kabupaten Tanah Laut membuat sebuah inovasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi tersebut dalam bentuk aplikasi e-marketplace. E-marketplace merupakan tempat terjadinya traksaksi jual beli bagi penjual dan pembeli  secara online yang secara fungsi tidak berbeda jauh dengan pasar biasa. Beberapa contoh e-marketplace yang terkenal diantaranya yaitu Bukalapak, OLX, Tokopedia, Shopee dan lain-lain. E-marketplace yang sedang dikembangkan oleh UKPBJ Kab. Tanah Laut bukan sekedar e-marketplace biasa tetapi sebuah aplikasi e-marketplace yang digunakan saat ini khusus Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut untuk memudahkan pelaksanaan pengadaan barang dan/atau jasa lainnya dengan nilai sampai dengan 50 juta rupiah yang selanjutnya disebut dengan Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut (disingkat Sosialita, inilah asal penamaan tersebut). Bisa saja kedepannya aplikasi ini semakin berkembang dan bisa bersaing seperti shopee, go-jek dan lain-lain.

Aplikasi Sosialita ini bertujuan memudahkan dan menfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang dan/atau jasa lainnya sampai dengan 50 juta rupiah yang dilakukan secara elektronik menggunakan aplikasi Sosialita yang bertujuan untuk mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang/jasa daerah yang efektif, efisien, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel serta mendorong dan mengoptimalkan peran serta UMKM lokal dalam pengadaan barang/jasa lingkup Tanah Laut. Aplikasi ini dapat diakses online melalui https://sosialita.tanahlautkab.go.id/

Sehingga tidak hanya barang, namun juga jasa lainnya contoh penjahit, ataupun jasa tukang. Aplikasi ini sangat tepat sebagai ajang promosi bagi penyedia barang/jasa. Yang terpenting adalah saat diverifikasi mempersiapkan kartu tanda penduduk dan memiliki NPWP.

Barang dan/atau Jasa Lainnya yang bisa dijual pada aplikasi Sosialita adalah barang dan/atau jasa lainnya yang rutin digunakan oleh SKPD lingkup Tanah Laut, contoh mudah nya adalah ATK, mesin printer dan masih banyak produk-produk UMKM lokal yang hadir dan bertransaksi melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini dibangun dengan kerjasama Tim, tidak hanya aplikasi namun juga regulasi dan promosi. Kami juga memerlukan kritik maupun saran untuk bertukar pikiran, walaupun kami sudah menguji coba ke pasaran secara umum terutama di Kabupaten Tanah Laut. Yang serunya adalah ketika rapat jika biasanya ada snack untuk makan minum rapat maka snack yang kami dapatkan adalah kebab (Kebab adalah penganan cepat saji terdiri atas daging sapi yang dipanggang seperti satai kemudian diiris-iris ditambah dengan sayuran segar dan mayones, lalu dibalut dengan kulit tortila) padahal biasanya hanya dapat satu kotak snack yang berisi berbagai kue asin/manis maupun cemilan seperti kacang/emping atau kerupuk dan juga permen.

Terus apa perbedaan antara SosiaLiTa dan Katalog Elektronik milik LKPP. Mari kita lihat pengertiannya terlebih dahulu. Dijelaskan pada Perpres No.16/2018 bahwa SPSE akan memanfaatkan e-marketplace yang menyediakan infrastruktur teknis dan layanan dukungan transaksi bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan Penyedia. Adapun ragam e-marketplace ini terdiri atas Katalog Elektronik (e-catalogue), Toko Daring dan Pemilihan Penyedia salah satunya dengan E-Purchasing.

Katalog elektronik atau e-catalogue merupakan sistem katalog yang tersedia untuk pembelian barang/ pekerjaan konstruksi/ jasa lainnya secara elektronik. Katalog elektronik memuat informasi berupa daftar, jenis, spesifikasi teknis, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), produk dalam negeri, produk SNI, produk industri hijau, negara asal, harga, Penyedia dan informasi lainnya yang berkaitan dengan barang atau jasa.

Perpres No.16/2018 menentukan bahwa katalog elektronik ini dapat berupa Katalog Elektronik Nasional, Katalog Elektronik Sektoral dan Katalog Elektronik Lokal. Katalog Elektronik Nasional dikelola oleh LKPP, sedangkan Katalog Elektronik Sektoral dikelola oleh Kementerian/Lembaga dan Katalog Elektronik Lokal dikelola oleh Pemerintah Daerah. Adapun pemilihan produk katalog elektronik ini dapat dilakukan dengan metode tender maupun metode negosiasi.

Nah, jadi SosiaLiTa adalah e-marketplace buatan UKPBJ Kab Tanah Laut dan masuk kategori katalog elektronik lokal yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Berikut adalah akun youtube UKPBJ Kab Tanah Laut untuk Reviu SosiaLiTa. Untuk melihat tata cara dan lainnya silahkan langsung masuk ke kanal youtube milik UKPBJ Kab Tanah Laut. Jangan lupa subscribe, like dan tinggalkan komentar positif ya, hehe jadi numpang promosi deh. 🙂

SosiaLiTa! AMAN: Akuntabel, Mudah dan Nyaman adalah kata-kata favorit untuk mengekspresikan aplikasi ini.

Berikut ini akan dibahas secara singkat mengenai penggunaan aplikasi SosiaLiTa sejak penyedia barang/jasa mendaftar di aplikasi ini, pengguna barang/jasa memesan produk sampai proses pembayaran yang dilakukan bendahara.

Penyedia dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Sosialita. kemudian penyedia akan masuk pada tahapan verifikasi oleh pihak verifikator yang berada di kecamatan atau di Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah kabupaten Tanah Laut sesuai domisili penyedia. Hal ini tentu menjadikan kemudahan dalam akses nya karena situasi pandemi yang menghindari berkumpulnya manusia di satu tempat.

Tata Cara Pembelian Produk juga sangatlah nyaman, pihak SKPD melakukan pemesanan produk melalui akun PPK/Pejabat Pembantu PPK/Pejabat Pengadaan, kemudian penyedia mengkonfirmasi persetujuan. Bahkan jika produk bertanda khusus dapat dilakukan tahapan negosiasi, hal ini tentu saja sesuai dengan prosedur pengadaan langsung. Setelah disetujui oleh penyedia,  proses pesanan dapat dilaksanakan, kemudian dilanjutkan dengan  serah terima pekerjaan.

Tata cara Pembayaran sangatlah mudah dan aplikasi ini dinilai akuntabel karena transaksi di dalam nya akan mudah terpantau, hal ini memudahkan jika suatu saat nanti harus bertemu masa-masa pemeriksaan di akhir tahun anggaran.

Bendahara yang memiliki akun sendiri akan melaksanakan pembayaran setelah produk selesai diserahterimakan dengan dilengkapi berkas administrasi yang meliputi Berita Acara Serah Terima dan Nota/Kuitansi  dengan cara melaksanakan pemindahbukuan (sering disebut pinbuk).

Tata cara penggunaan aplikasi Sosialita lebih detail dapat dipelajari di Buku Petunjuk Manual (Manual book) Aplikasi Sosialita. Bentuk kontrak yang dicetak dari aplikasi Sosialita berupa Nota dan/atau Kuitansi diakui sebagai bentuk kontrak yang sah. Jadi tidak perlu lagi membuat nota atau kuitansi secara manual yang bahkan penomorannya sangat membingungkan karena bisa terdobel-dobel dalam penulisannya di buku nomor. Sehingga aplikasi ini dijamin sangat amat memudahkan pekerjaan bapak/ibu semua dalam pengadaan Barang dan/atau Jasa Lainnya dan InsyaAllah tidak akan menambah beban kerja, malahan bisa menambah kinerja yang bisa di catat di e-kita (aplikasi di Kab Tanah Laut untuk menginput pekerjaan sehari-hari atau bisa dibilang SKP harian (Sasaran Kinerja Pegawai)) sehingga nantinya jika dikumpulkan akan mendapatkan angka kredit bagi jabatan fungsional.

Penulis berharap inovasi UKPBJ Kab Tanah Laut berupa aplikasi yang kami beri nama SosiaLiTa (Sistem Order Semua Instansi Lingkup Tanah Laut) bisa menjadi inspirasi bagi daerah lain. Dicanangkan SosiaLita ini akan bergandengan tangan dengan aplikasi bela pengadaan milik LKPP. Dalam pengembangannya Selanjutnya SosiaLiTa akan seperti e-marketplace layaknya shopee dan tokopedia yang sudah terintegrasi di dalam bela pengadaan. Kita tunggu saja kabar baiknya ya dan semoga kedepannya aplikasi ini semakin berkembang menjadi lebih baik lagi.

Tak lupa penulis haturkan ucapan Terimakasih kepada Bupati Tanah Laut Bapak H. Sukamta dan Wakil Bupati Tanah Laut Bapak H. Abdi Rahman yang telah memberikan peluang bagi UKPBJ Kab Tanah Laut untuk berinovasi di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah,
dengan visi misi beliau lah yang membuat hadirnya aplikasi ini kehadapan kita semua pada hari ini.

Silahkan Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Avatar photo
Humas Vendor Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 6 =