Cara Memilih Vendor Pengadaan yang Tepat

Pemilihan vendor mesti dilakukan dengan cermat agar hasilnya efisien dan sesuai harapan perusahaan. Untuk mendapat vendor pengadaan yang benar-benar berkualitas, diperlukan seleksi yang baik.

Memilih vendor pengadaan yang tepat bisa dilakukan dengan memerhatikan beberapa kriteria berikut ini.

1. Harga

Salah satu pertimbangan utama dalam memilih vendor adalah harga. Menilai harga tidak bisa jika hanya memandang murahnya, namun juga harus memerhatikan kualitas layanannya.

Jangan terlalu nekad mengambil vendor yang murah tapi kualitasnya asal-asalan. Juga jangan buru-buru menolak vendor yang harganya tinggi, karena barangkali ada nilai tambah yang ditawarkan seperti adanya training atau garansi tertentu.

2. Kondisi Vendor

Ketahui seperti apa kondisi finansial dari vendor, pastikan cukup stabil dan tidak beresiko. Apabila finansialnya baik, tentu akan berpengaruh terhadap keseluruhan layanan yang diberikan.

Selain melihat segi finansial, perhatikan juga sistem manajemen resiko yang dimiliki pihak vendor. Sistem manajemen resiko berpengaruh pada terjaminnya kelangsungan pelayanan. Jika sistemnya baik, maka dapat meminimalisir kerugian yang mungkin timbul akibat resiko tertentu.

3. Lokasi

Lokasi kantor vendor dapat jadi bahan pertimbangan karena akan berdampak pada biaya dan waktu pengiriman. Memilih vendor yang lokasinya tak terlalu jauh dari lokasi perusahaan, tentu akan menekan biaya pengiriman.

Jika jarak antara perusahaan dan vendor semakin dekat, maka biaya bisa semakin murah dan waktu pengiriman juga makin cepat.

4. Penguasaan Teknis

Kriteria ini tak boleh dilewatkan, yakni penguasaan / kemampuan teknis yang dimiliki oleh vendor. Kemampuan ini menunjukkan seberapa jauh pihak vendor menguasai barang yang akan dijual.

Apabila penguasaannya mumpuni, maka pelayanan yang diberikan juga makin baik kualitasnya. Bicara tentang kualitas, sebaiknya perhatikan juga sistem jaminan mutu dari vendor.

Biasanya, vendor yang mempunyai manajemen mutu yang bagus akan lebih berkomitmen terhadap kepuasan klien. Selain itu, penanganan selama bekerja sama juga disesuaikan dengan standar operasional yang diberikan.

5. Ketepatan Pelayanan

Hal yang mesti dipertimbangkan selanjutnya adalah ketepatan waktu dan akurasi pelayanan. Waktu yang dimaksud ialah yang terkait dengan waktu tunggu dan waktu penyerahan.

Kemudian perihal akurasi pelayanan, yakni terkait dengan layanan yang bisa diandalkan dan tanpa kesalahan. Vendor yang bisa diandalkan, idealnya juga memiliki kelengkapan terkait lingkup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung.

Demikian ulasan cara memilih vendor yang tepat untuk sebuah proyek. Dengan memilih secara tepat, maka kebutuhan perusahaan dapat terpenuhi dengan standar mutu yang terjamin.

Silahkan Bagikan Artikel Ini Jika Bermanfaat
Avatar photo
Humas Vendor Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

58 + = 63